Kebudayaan Indonesia

Minggu, 18 Maret 2018

MAKANAN KHAS KALIMANTAN BARAT

Makanan Khas Kalimantan Barat Paling Enak




  1. Mie sagu, Makanan Tradisional Khas Melayu Pontianak
Makanan Khas Kalimantan Barat Paling Enak
Salah satu makanan khas Kalimantan Barat yang bernama mie sagu ini tidak hanya populer di daerah timur Indonesia, bahkan di Kalimantan Barat seperti Pontianak. Sagu dijadikan sebagai bahan untuk membuat mie. Makanan ini juga merupakan makanan khas melayu di Pontianak. Mie sagu sering dijadikan sebagai makanan selingan atau sarapan bagi masyarakat kaliamantan barat.
Makanan khas Kalimantan Barat ini juga terdapat di daerah lain, tetapi ada beberapa perbedaan mie sagu khas Kalimantan barat dengan yang ada di daerah lain. Mie sagu khas Kalimantan Barat ini biasanya  menggunakan kuah kaldu sebagai pelengkap dalam penyajiannya. Sedangkan dari daerah lain biasanya disajikan dalam keadaan kering saja.
Makanan khas Kalimantan Barat ini terbuat dari sagu yang di ulen dan di potong kecil dan panjang. Kemudian direbus dan dicampurkan dengan berbagai macam bumbu tambahan seperti daun kucai, kecambah , merica, potongan daging dan bumbu. Makanan yang sangat cocok dinikmati ketika cuaca hujan atau dipagi hari ini bisa ditemukan dengan mudah di warung tepi jalan di kota Kalimantan Barat.
  1. Mie Kepiting, Makanan Tradisional Khas Pontianak
Makanan Khas Kalimantan Barat Paling Enak
Masih dengan jenis mie, kalo makanan khas Kalimantan Barat dari Pontianak ini adalah mie kepiting. Mie kepiting Pontianak adalah makanan yang sangat populer di kalangan masyarakat maupun para pelancong yang datang ke Pontianak. Mereka semua yang mencobanya sangat puas dengan sensasi rasa olahan menu kepiting yang bisa dibilang baru dan tidak biasa ini.
Makanan khas Kalimantan Barat ini hampir sama dengan mie ayam, tetapi toping yang digunakan berupa daging, basko ikan, udang, daging kepiting, kecambah, dan pangsit goreng. Mie yang sangat lezat ini akan memberikan sensasi yang khas bagi kamu pecinta kepiting atau mie ayam. Mie kepiting merupakan makanan khas masyarakat tionghoa Pontianak.
Nah jika kamu sedang berkunjung ke Kalimantan Barat dan kamu ingin mencoba makanan khas Kalimantan Barat ini kamu bisa mendapatkan kuliner yang unik ini di jalan setia budi, yakni warung mie kepiting A Tie atau bisa juga kamu temukan di jalan Gajah Mada.
  1. Kerupuk Basah, Makanan Tradisional Khas Kapuas Hulu
Makanan Khas Kalimantan Barat Paling Enak
Kerupuk basah adalah makanan khas Kalimantan Barat yang berasal dari daerah Hulu sungai Kapuas. Namun tahukah kanu jika makanan yang satu ini memang sangat berbeda, ketika kalian memesan kerupuk basah maka kamu tidak berbentuk akan mendapatkan kerupuk seperti yang kalian bayangkan. . makanan ini merupakan cemilan yang memiliki kandungan protein yang tinggi dan tentu menyehatkan.
Makanan khas Kalimantan Barat ini bentuknya lebih mirip dengan empek-empek, tetapi lebih panjang dan tidak di goreng. Kerupuk basah dimasak dengan cara di kukus. Tetapi kamu juga dapat menikmatinya dengan cara digoreng lagi setelah dikukus. Kuliner ini biasanya disajikan dengan tambahan saos kacang seperti somay atau pun sate.
Kerupuk Basah terbuat dari campuran tepung sagu dan ikan. Biasanya yang digunakan dalam makanan khas Kalimantan Barat ini adalah ikan belida yakni salah satu  ikan khas di Kalimantan Barat sebagai bahan pembuatan makanan unik ini. Ikan ini memiliki tekstur daging yang lembut serta aroma yang khas. Tetapi selain ikan belida, ikan tenggiri atau ikan tawar lainnya juga bisa digunakan.
  1. Kwe Tiaw Goreng, Makanan Tradisional Khas Pontianak
Makanan Khas Kalimantan Barat Paling Enak
Selanjutnya makanan khas Kalimantan Barat yang sangat enak dan lezat ini adalah Kwe tiaw. Kwe tiaw merupakan masakan khas tionghoa yang sudah menjadi favorit masyarakat Kalimantan Barat terutama di Pontianak. Bahkan hampir semua orang di Indonesia menyukai makanan yang berbahan terpung beras yang memiliki sumber karbohidrat yang tinggi.
Untuk meyajikan makanan khas Kalimantan Barat ini biasanya bahan tersebut di goreng. Makanan yang sehat, bergizi serta mengeyangkan ini cocok sebagai menu makan siang. Mie Tiaw sudah menjadi primadona bagi masyarakat Kalimantan barat. Dan jika kamu ingin mencobanya, kamu bisa dengan mudah menemukan makanan ini di pusat kota seperti di Jalan Setia Budi dan Gajah Mada Pontianak.
  1. Bubur Pedas, Makanan Tradisional Khas Sambas
Makanan Khas Kalimantan Barat Paling Enak
Bubur pedas merupakan makanan khas Kalimantan Barat yang berasal dari suku Melayu di Sambas Kalimantan Barat. Sebenarnya bubur ini merupakan sajian kerajaan di keraton sambas. Karena sangat digemari, bubur pedas yang nikmat dan menyehatkan ini menjadi makanan khas masyarakat sambas. Bubur pedas ini dapat menjadi solusi untuk kebutuhan sayur kamu karena rasanya yang nikmat.
Makanan khas Kalimantan Barat ini terbuat dari beras yang dihaluskan, kemudian di oseng tanpa minyak dan ditambahkan aneka macam sayuran sperti kangkung, pakis, daun kesum, wortel, ubi, dan rempah-remah lainnya. Tetapi, bubur pedas yang dijual sekarang ini sudah mengalami beberapa penyesuaian. Sebernarnya resep aslinya, sayuran yang ditambahkan ke bubur ini dapat mencapai 30 macam.

SUMBER : https://halomuda.com/makanan-khas-kalimantan-barat/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar